Mengatur Tata Letak Halaman

Ketika rekan bekerja memakai microsoft office word maupun ms excel dalam mengerjakan tugas, kadangkala di perlukan perngaturan khusus mulai dari halaman yang digunakan, jarak kanan-kiri-atas-bawah halaman, ukuran kertas, model halaman, dan hal lain yang berkaitan dengan pengaturan halaman. Maka dari itu pengaturan halaman sebelum mencetak lembar kerja penting di lakukan, terlebih dokument yang akan rekan cetak memiliki ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran standart yang biasa ada (A4).

Mengatur Model Orientasi Halaman
Disini rekan dapat mengatur model orientasi halaman apakah ingin model vertikal "berdiri" atau model horizontal "rebahan/lonjong kesamping".
Untuk memulainya pilih tab sajian Page Layout >> Orientation dan click Potrait, bila ingin menciptakan halaman yang standart vertikal keatas "model berdiri".

Page Layout >> Orientation dan click Landscape, bila ingin menciptakan halaman yang horizontal "model menyamping".

Mengatur Margin Halaman
Rekan dapat mengatur margin /batas atas-bawah-kiri-kanan halaman dengan menentukan sajian Page Layout >> Margins, dan pilih salah satu batas margin yang rekan ingin digunakan. atau bila tidak ada yang cocok rekan dapat menentukan Custom Margins, selanjutnya rekan tentukan sendiri dimana memiliki beberapa fungsi seperti
Top, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab atas
Bottom, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab bawah
Left, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab samping kiri
Right, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab samping kanan
Header, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab judul kepala "header/atas"
Footer, dipakai untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bab judul kaki "bawah"

Menentukan ukuran kertas
Untuk ukuran kertas yang ingin rekan gunakan dalam mencetak /print rekan dapat menentukannya dari sajian Page Layout >> Size, naah disini rekan dapat menentukan ukuran kertas sesuai dengan yang di inginkan.






0 Response to "Mengatur Tata Letak Halaman"

Posting Komentar